Thursday, 22 July 2010

Tugas Laporan Pameran

hari ini aku dapet tugas dimana aku harus membuat sebuah laporan mengenai pameran. dan pelajaran yang aku petik adalah : ngebuat sebuah laporan itu ribet!
nah.. untuk kalian kalian yang bukan seangkatan ganis sekarang.. kalian bisa melihat apa itu pameran dari laporan yang pernah aku buat. silahkan dipahami dengan baik :)

Pengertian pameran adalah satu tempat dimana terdapat hasil karya seni rupa dengan berbagai macam bentuk di pajang dan pertunjukan kepada rakyat umum. Biasanya suatu pameran memiliki satu tema untuk dipertunjukan

Maksud dan tujuan pameran adalah : sebagai tempat untuk mem-promosikan beberapa hasil karya seni seperti pameran lukis yang secara kita tidak sadari menjadi tempat ‘ajang’ mempromosikan nama sang pelukis. Pameran juga membantu para pelukis untuk membandingkan hasil karya mereka dengan hasil karya pelukis yang lainnya.

Manfaat pameran tentu saja banyak di dalam berbagai bidang, salah satunya adalah sebagai berikut:

1. sebagai sarana memperkenalkan suatu karya seni

2. sebagai tempat promosi suatu barang

4. sebagai sarana hiburan

5. meningkatkan daya kreativitas

6. sebagai sarana mengapresiasikan karya seni.

Fungsi pameran dalam bidang per ekonomian pameran digunakan sebagai kegiatan promosi yang dilakukan oleh suatu produsen, kelompok, organisasi, perkumpulan tertentu.

Sedangkan dalam bidang kesenian adalah suatu kegiatan untuk memperlihatkan prestasi karya seni rupa dalam kurun waktu tertentu.

Jenis jenis pameran ternyata bukan hanya pameran lukis saja. Tetapi masih banyak pameran yang belum kita ketahui.. pameran-pameran tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

  • Pameran umum (public exhibition)
  • Pameran dagang (trade exhibition)
  • Pameran luar ruang (outdoor exhibition)
  • Pameran terbatas (private exhibition)
  • Pameran dagang luar negeri (overseas trade fairs)
  • Pameran patungan (joint venture exhibition)
  • Pameran keliling (mobile exhibition)
  • Pameran jinjing (portabel exhibition)
  • Pameran kecil (small exhibition)
  • Acara pekan belanja atau pekan promosi (shopping weeks)
  • Ajang pameran khusus (special exhibition)

Beberapa hal yang perlu diperhatikan bila kita ingin membuat suatu pameran,. Hal-hal tersebut sebagai berikut :

  • Penyelenggara: pihak penyelenggara membantu untuk menentukan tempat, waktu, dekorasi, dan lain-lainnya. Sebaiknya memilih penyelenggara yang serius untuk menyelenggarakan pameran.
  • Waktu: tanggal, dan pukul berapa adalah unsure yang tidak kalah penting. Apabila tanggal pameran kita tidak strategis, para masyarakat kemungkinan besar tidak akan dating karena mereka mempynyai urusanya masing masing
  • Tempat: tempat yang strategis membantu para masyarakat untuk bisa datang ke tempat pameran dengan mudah.
  • Publikasi: publikasi adalah unsur dimana pameran kita dipromosikan, selembaran, poster, madding adalah cara yang biasanya di jadikan tempat untuk mempublikasikan pameran
  • Kegiatan-kegiatan terkait: sebaiknya kita merencanakan kegiatan apa saja yang menjadi tambahan untuk pameran kita, kita harus pintar memilih mana kegiatan yang cocok untuk sebuah pameran.

Skema pameran (atau di sebut juga peta, denah) adalah unsure terpenting di dalam suatu pameran. Apabila sebuah pameran tidak menyediakan sebuah skema untuk para pengunjung, para pengunjung akan tersesat, dan yang lebih parah lagi pameran tersebut akan di nilai buruk. Ini sangat tidak baik bagi sebuah oraganisasi yang menyelenggarakannya karena organisasi tersebut sudah di cap buruk.

Di bawah ini adalah salah satu contoh denah/skema pameran di salah satu pameran yang terdapat di Jakarta.

(diambil dari: om google)

nah, laporan yang diatas aku cari dari google.com dari mulai aku nyangsang di blog orang lain, sampai aku nyasar di situs yang aneh aneh.. semoga laporan ini bermanfaat buat kalian yang lagi nyari tugas :)

warning: jangan copy - paste secara mentah yap. ubah kalimat kalimat laporan di atas dengan gaya bahasa kalian sendiri :)

No comments:

Post a Comment