Monday 28 June 2010

sehari semalam bersama CIREBON

setelah pembagian rapot kemarin (hasilnya memuaskan) aku langsung berangkat ke kota Cirebon. tujuan awalnya bukan untuk main-main, tapi orang tua aku ada kerjaan buat nge jual rumah tua di sana. awalnya aku ga mau ikut soalnya ga ada temen main, terlebih lagi di sana ga ada alat electronik yang bisa bikin menghibur (termasuk TIPI). tapi, karena ternyata di rumah ga ada siapa siapa akhirnya aku ikut.

jam 6 pagi aku bangun terus siap siap ke Cirebon, singkatnya setelah bosen ngeliat pemandangan rumah kecil, sawah, rumah kecil, sawah.. akhirnya sampe ke Sumedang. di salah satu rumah makan yang 'bekerjasama' dengan tukang tahu, aku makan tahu sama ayam goreng pake sambel yang ga ada pedesnya sama sekali. tapi lumayan kalau kalian ingin coba tahu sumedang pake bumbu pedes tapi ga pedes, yang bikin enak yaaa itu bumbu pedes tapi ga pedesnya.
keren deh ^.^yang bikin aku sangat sangat sangat terkejut adalah ada kucing ANGGORA 2 di sana. uduuuuh, lucu banget itu kucing. liatin orang orang yang lagi makan tapi kucing kucing di sana sopan sekali tidak ngeong ngeong minta makan dari pembeli. gengsi kali ya minta makanan bekas manusia.
setelah itu aku lanjutin perjalanan lagi, di tengah tengah perjalanan sampai akhir aku dengerin lagu lagu yang ada di hp aku sampai ketiduran. aku udah bosen liat perumahan penduduk yang 'dimana-mana' nggak teratur.

akhirnya nyampe di rumah cirebon. pas keluar dari mobil, udara khas Cirebon (alias panas) langsung nyampe ke badan. aku cepet cepet lari ke kamar buat nyalain AC, dan ternyata AC-nya harus nunggu panas biar bisa dingin (nah lo), jadinya aku ngipas-ngipas di kamar pake buku bacaan. nggak lama kemudian mamah aku dateng, mamah aku bilang kita mau nyari makan siang (siang karena masih jam 12 ). jadi dari pada nunggu AC ga panas-panas akhirnya aku tinggalin AC sampai akhirnya pulang. tiba tiba mamah aku bilang "bawa ganti baju de", "loh? buat apa?" aku nanya, "kita mau ke tempat ikan keramat" aku diem sambil beres beres.
sepanjang perjalanan yang bisa aku liat cuman becak, angkot , mobil, dan suara klakson yang banyak dan "riweuh". berisik di mana mana, sampai lagu yang aku dengerin kayaknya cuman bisik bisik aja, wow. sebelum ke tempat (yang katanya) keramat itu, kita singgah dulu di tempat makan yang nggak sederhana tapi nggak juga mewah. di sana aku makan nasi khas Cirebon yaitu NASI LENGKO, yang bikin istimewa nasi ini itu karena nasi ini di campur sama sayur mayur seperti: toge, tahu, teme, ketimun, di tambah bumbu pedas alias sambel :9 dan kecap khas. rasanya makin enak kalau di tambah sama sate kambing wuihhh! salah satu makanan khas cirebon yang wajib di coba. sebenernya kalian bisa bikin nasi lengko sendiri di rumah, tapi kalian ga bisa bikin bumbu pedesnya sama kecapnya yang bikin nasi lengko beda :)

setelah itu, aku langsung cao ke CIBULAN tempat di mana ikan keramat itu berada. konon katanya ikan-ikan di sana ga ngurang nggak nambah, Cibulan berada di Kuningan Cirebon. dari tempat tadi sekitar setengah jam perjalanan. pokonya jangan takut ke sasar, nanti kalian bisa liat papan nama CIBULAN sama gambar ikan gede di pampang di atas jalan.
kalau mau masuk sana (cuman) bayar 4000 untuk dewasa, 3000 untuk anak anak. setelah masuk jangan kaget kalau tempatnya kaya kolam renang biasa, tapi kalau kalian liat ke kolam lebih jeli lagi kalian bisa liat ikan-ikan biru yang berenang di dasar kolam. ada 2 kolam di sana yang satu ga terlalu dalem (isinya penuh anak kecil dan ban ban renang), satunya lagi kolam yang dalemnya 3 meter, nah yang kolam 3 meter ini isinya ikan ikan yang nunggu untuk di kasih makan :). di sana ada beberapa tukang jualan kacang pilus (harganya 3000 kalo ga salah), sama ikan yang di gantung pake tali (yang ini seribu satu), nah itu makanan ikan yang ada di Cibulan.
sebentar, aku mancing para ikan pake ikan ikan kecil biar mereka mendekat ke aku terus aku pegang. sialnya aku kena cipratan dari ekor ikan yang besarnya se-paha aku -.- aku sukses basah kuyup, jadinya aku berenang.


CATATAN: kalau kalian ingin berenang sama ikan-ikan di sana, enggak deket kayak yang di film marmaid nggak. tapi setidaknya kalian berenang di atas ikan tersebut. cari tempat yang nggak banyak orang orang berenang, nyebur di sana pelan pelan, usahakan kaki kita tidak menyentuh dasar air. berenang ke tempat dimana ikan berada, jangan sampai buat cipratan yang mengagetkan ikan (ikan loh bukan manusia!) dan voila! kalian berenang di atas ikan :)

setelah puas berenang di atas ikan, aku naik keatas terus makan kerupuk. aku males makan mi instant, mamah aku bilang aku bisa foto bareng ikan, ada pawang ikan soalnya. jadi aku sukses foto sama ikan sebelum aku mandi
aku agak kasian sama ikannya, sebelum di naikin ke luar air ikannya di puter-puter dulu. katanya biar jinak, tapi kata aku itu biar pusing ikannya. jadi ikannya ga terlalu memberontak.
nah, stelah berfoto ria bersama ikan. aku pergi ke temapt bilas, tapi ternyata di sana ada 2 kamar mandi sama sang 'penjaga' di tengahnya, tapi sayangnya 2 kamar mandi itu penuh jadi harus agak nunggu. nggak lama kamar mandi yang pertama kosong, tapi kata 'penjaganya' itu kamar mandi buat kencing (ngakak dalem ati, aduh ngomongnya mentah banget "kencing") akhirnya aku nunggu lagi. nggak lama ada mba mba dateng, dia celingak celinguk ga jelas terus si 'penjaganya' bilang gini
"mba mau MANDI atau mau KENCING?!" (ngomong lebih ke gaya preman ngancem dari pada nanya ke mba mba"
"mau BAB saya" (si mba mba itu jawab dengan santai)
oalah... si 'penjaga' udah ngancem salah pula XD
si mba mba itu akhirnya berlalu sambil nepuk nepuk perutnya...

terlepas dari kejadian mba mba tadi, akhirnya kamar mandi yang SEBENARNYA kosong. aku masuk ke kamar mandi, dan nggak nyangka kamar mandinya bersih banget dan terang! nggak kaya penampilannya dari luar; agak reot, sama terlihat 'gelap'
abis mandi aku balik ke tempat dimana aku nyewa tikar (tiker, carpet, apapun itu) mamah aku bilang poto sekali lagi sama ikan yang tadi. waduh, aku udah mandi malah di suruh poto sama ikan lagi, tapi untungnya si pawang itu jago jadi baju terahir aku nggak basah kuyup. cuman hp aku aja yang agak basah soalnya di pake poto sama aku :)


setelah semua kejadian tadi aku pulang. malemnya aku pergi nyari makan (lagi) katanya di rumah makan ini ada udang yang gedenya selebar lengan aku, woaaaaa pas kesana ternyata udang itu cuman segede buku binder -.- tetep aja besar. udah gitu itu udang udah 2 hari di lemari pendingin, nggak fresh. jadinya aku agak kecewa, tapi ternyata pas di makan rasanya sama kayak udang cuman lebih besar dan agak nggak fresh tapi tetep ngerasa kenyang.
aku bangun jam 9 soalnya terlalu kenyang makan udang besar nggak fresh kemarin. masih ngerasa kenyang, ternyata di suruh makan NASI JAMBLANG. istimewanya nasi ini di bungkus sama daun jati, dan isinya sedikit ^.^ lauknya kita bisa pilih sendiri; ada ati, ada tempe, ada telor, sate puyuh, paruh, banyak lagi :9
setelah beres beres segala macem aku pulang lagi ke bandung.
cerita konyol terahir yang terjadi di jalan... hm... ada truck yang ngangkut bola sepak dari plastik, nggak lama bola bola yang ada di badan truck melayang semua terus jatuh ke jalan. sedikit intermezzo di jalan, ada ibu ibu mau ngambil satu pak bola itu tapi untungnya mas mas yang ada di truck sadar kalo bola plastiknya pada jatuh :)

No comments:

Post a Comment