Thursday 10 March 2011

Aku (Baru) Tahu Cara Mudah 'Mengajari' HandPhone

Semua orang pasti tau kalau Handphone mereka ngeheng (berhenti bekerja secara tiba-tiba dan tidak merespon apapun yang kita perintahkan) pasti mereka akan membuka tutup belakang Handphone terus mencabut batrenya, sadis memang... Cuman cara itu memang terbukti ampuh.
Bukan cuman untuk handphone yang ngeheng saja, file yang corrupted ( filenya rusak, nggak bisa diapa-apain) terkadang bisa menghilang secara misterius entah kemana. Hanya karena buka, cabut batre, rasanya semua beres. Dan aku bisa bilang terkadang cara cepet ini berguna.

Di suatu siang yang damai, saat aku mendengarkan musik dengan temen aku yang dari TK nggak bosen-bosennya mendengarkan lagu bareng. Tiba-tiba aku liat ada 3 sms baru; satu dari temen aku, yang lainnya lagi dari operator. Aku baca dulu sms dari temen aku, dia nanya "ada pr nggak" dan aku bales. Terus aku liat yang dari Operator kok beda ya ikon message-nya; ada gambar surat terus ada tanda X disampingnya. Itu adalah ikon yang menandakan kalau sms tersebut rusak atau tidak sempurna, dalam kata lainnya CORRUPTED.

Dengan santainya aku ngebuka 2 sms dari operator yang (mari kita sebut) broken message. Aku nggak curiga kalau hp itu bakalan nge-restart sendiri, soalnya lagunya masih jalan. Ternyata BLOOOOP! Lagu Dust In The Wind terbawa angin hening... Hp aku dengan kerennya mati, dan nyala lagi.
Beberapa saat kemudian aku coba ngehapus langsung 2 sms tadi; aku mark terus aku delete. Sayang sekali, ngeheng lagi hpnya.

Dengan paniknya, aku bilang kalau hp aku nggak beres. Jadi, setelah jemput sepupu aku, aku langsung berangkat ke BEC tempat dimana (dan hampir satu-satunya) tempat electronik yang paling komplit.
Di perjalanan menuju ke BEC, aku tetep berusaha buat menghapus itu Broken Message. Sambil juga nanya ke temen-temen gimana menyelesaikan masalah jombi ini.
" Coba matiin hpnya, terus cabut Batrenya de" kata papah aku.
"nanti rusak kalau gitu" aku asal
" nggak, kadang batrenya udah lama nggak dicabut. Jadi gitu suka ngeheng"

pah.. apa hubungannya?

Nggak lama juga temen aku sms, isinya:
" reset aja nis, cabut batrenya"

karena aku di usulkan oleh 2 orang untuk mencabut batre, akhirnya aku mengikuti usul mereka saja.
aku cancel Deleting Broken Message-nya terus aku matiin hpnya biar pas di cabut batrenya, hp aku tidak merasakan sakit *apaan sih* terus aku buka tutup hp aku, masalah lagi..
tutup hp aku nggak bisa kebuka .
aku coba mulai dari dorong tutupnya ke belakang, berlawanan arah, ke kanan, ke kiri. Hasilnya nihil.
"pah, tutup-nya nggak mau kebuka" kata aku polos.
"coba lagi de, pasti bisa" kata papah santai sambil nyetir mobil.

aku coba buka lagi dan BOOOFT! Keluar kokokranch.
Nggak deng, akhirnya bisa kebuka juga itu tutup hp. aku ngeliat dalemnya hp aku, "oh gini toh "punggungnya" hp aku, simple banget. Batre-nya seupil banget. eh, gimana cara buka ini Batre?" Hatiku bergejolak *oalah* soalnya semua sisi betranya nggak ada yang "terlihat" untuk men-congkel (mengorek, mengopek) Batre Imut itu.
Aku hening di mobil.

Aku coba buka Batre itu dengan mencoba semua sisinya; kanan, kiri, sebelahnya kiri, sebelahnya kanan. Sampai kuku aku yang biasanya kuat nyongkel apapun, Bengkok karena batre itu.
Sampai nahan emosi aku coba make gigi. PLOOK! dengan mudahnya terbuka.
senyum kemenangan :)

aku nunggu beberapa saat, dan aku pasang lagi batrenya dan tutupnya dengan sangat mudah. Aku coba nyalain hpnya dan menunggu semuanya selesai di "instalizing". Tujuan pertama setelah loading yang cukup lama adalah inbox.

Berangkatlah aku kesana..

Dan dengan ajaibnya Broken Message dari operator tersebut ilang seketika.
Oalah garing sekali..

No comments:

Post a Comment