Monday 12 April 2010

Coldplay menjiplak?

mungkin berita tentang "jiplak-menjiplak" lagu dan lain-lainnya sudah mulai di tinggalkan, apalagi hot issue tentang COLDPLAY yang katanya menjiplak lagu dan video artis lain. wah, mungkin sebagian dari kalian udah bosen sama berita yang satu ini. tapi mungkin juga sebagian dari kalian HANYA tau coldplay mejiplak lagu orang saja, tanpa tau siapa yang coldplay jiplak. salah satunya adalah aku, sebenernya aku udah tau dari dulu kalau coldplay nge-jiplak salah satu karya orang tanpa tau lagu mana dan siapa yang coldplay jiplak. dan hari ini akhirnya baru aku tau, kalau ternyata lagu coldplay berjudul "viva la vida" (2008) di sebut sebut telah menjiplak lagu karya JOE SATRIANI yaitu "if i could fly" (2004).

jika kalian penasaran dengan lagunya if i could fly -nya Joe Satriani, kalian bisa mendengarkannya di sini (dengarkan dengan seksama di detik ke 00:50-01:12). aku yakin kalian semua tau seperti apa lagu viva la vida, kalian tinggal mendengarkan lagu viva la vida di ipod kalian.

balik lagi ke masalah jiplak menjiplak, walanya juga aku kaget.. setelah nyari pembuktian di sana-sini, ternyata memang ada kesamaan antara kedua lagu tersebut (bagi orang awam seperti saya ini) kesamaan yang aku dengar di sini adalah pada saat bagian viva la vida dan detik ke 00:50 pada bagian awal lagui if i could fly. kalian bisa bandingkan sendiri, dimana letak kesamaan tersebut.
malanganya Coldplay, Joe Satriani sampai menuntut ganti rugi karena masalah menjiplak ini, Coldplay membela bahwa kesamaan tersebut hanya kebetulan saja. tapi ya... kita nggak tau juga mana yang benar mana yang salah. jelas kalau dalam pengadilan Joe Satriani akan menang, karena lagu if i could fly sudah ada 4 tahun sebelum lagu viva la vida, lalu lagu if i could fly sudah terkenal di seluruh mancanegara. sepertinya alasan coldplya yang kebetulan saja tidak akan cukup.

lalu, nggak lama kemudian aku dapet satu artikel lagi kalau Coldplay lagi-lagi menjiplak, kali ini video clip Coldplay "strawberry swing" di sebut-sebut (lagi) menjiplak video clip Andy J Gallagher "something else" . kalian bisa melihat di sana, bahwa ternyata letak kesamaannya bukan di kemiripan videonya. tetapi kesamaanya terletak di KONSEP video tersebut, orang asli dan nyata, dengan gambar dari kapur lalu di gabungkan, dan di foto per-bagiannya. unutngnya Andy J Gallagher tidak menuntut apapun, tatapi dia hanya menyayangkan.

No comments:

Post a Comment