Thursday 15 April 2010

perjuangan bikin batik

okey... sampai hari ini, tugas batik-membatik belum juga di selesaikan.. alasannya? bukan karena males ataupun apa, tapi yang namanya membatik itu sangatlah susah!
berikut adalah perjuangan seorang anak smp kelas 2 menyelesaikan tugas membuat batik:

hari pertama membuat batik:
kita semua sepakat (aku, ami, jeco, echa, fika, citra, hafijah, aggy) buat ngerjain batik di rumah salah satu teman kita ami. sekalian bekunjung dan bermain di sana, biasalah, anak muda :p. setelah akhirnya sampai di rumah ami, pada akhirnya kita nonton film SAW 6 yang di bawa jeco, asalkan kalian tau film SAW 6 sangatlah menjijikan, banyak darah di mana-mana, usus pada BUCRAT kemana-mana, nggak kaya saw yang sebelumnnya. sebagian dari kita hampir muntah termasuk aku.
okey.. setelah menonton film bajakan tersebut, kita bru inget buat bikin batik, jadinya kita dadakan nyari kompor mini (yang biasa di pake buat main anyang anyangan) tapi nggak ketemu. pada akhirnya aku ambil guci dati tanah liat terus aku masukin daun ama ranting ke sana, terus aku bakar pake api buat bikin telor dadar. oh.. bukan, aku bakar buat "proses pencairan malam" sangat primitip.
setelah di rasa cara di atas tidak efektif.. akhirnya semuanya sepakat buat lelehin lilin di kompor. aku masih inget kata-kata fika yang "nis, bahaya kalo di kompr" tapi aku nggak peduli sama sekali. aku nysel sumpah! tau kenapa aku nyesel? ternyata pas aku manasin lilin di kompor, kompornya meledak! DUAAAAAAAR! oh bukan kompornya, tapi pancinya tiba-tiba mengeluarkan api yang membara. entah kenapa, padahal kompornya udah aku matiin.
setelah itu nggak ada satupun yang mau ngerjain batik. (kalian bisa liat cerita hampir bakar rumah ami di sini)

hari ke dua membuat batik (selang beberapa minggu):
setelah hampir melupakan kejadian "hampir bakar rumah orang". aku, echa, sama retno akhirnya sepakat bikin batik bareng di rumah ganis, at least kalo pancinya meledak lagi rumah aku yang kebakar.
kita sempet ke toko yang expert banget dengan soal batik membatik, kata cici yang punya toko gini (dengan gaya agak mendok):
"kalo Bikin Batik harus di cuci dulu, lalu di keringkan. haBis itu lilinnya di cairkan pake kompor kecil. kalo nDak punya kompor kecil pake yang gede saja tidak apa-apa asalkan apinya kecil, kalo apinya terlalu besar nanti malah KEBAKARAN "
oh... my.. menusuk sekali di hati ganis -_-
setelah dapat ilham dari cici yang punya toko, akhirnya kita berhasil bikin batik tanpa adanya kendala yang menghadang.. hhahaha cuman, kita belum sempet nge-wantex.. (istilah anak anak artinya mewarnai)

hari ke tiga membuat batik (selang waktu beberapa hari):
karena nggak ada satupun temen aku yang mau nemenin aku mewarnai batik, akhirnya aku mewarnai batik sendirian. sempet dapet sms dari echa yang udah duluan warnain batik, katanya:
"nis, udah nge-wantex belum? aku gagal euy. pas di celupin malemnya ikutan leleh"
wah?! dalem ati, tapi biarin lah.. cobain aja dulu, emang kalo bikin batik tergantung amal (heu.. sekali lagi kesalahan yang dibuat ganis).
bener aja pas di celupin, ada bau bau nggak menyan busuk. eh.. taunya si lilin ikutan meleleh, zz
pas aku tanyain lagi ke echa, kata echa dia beli lagi (wuih rajin) terus nanyain ke cici penjual tokonya, katanya harus pake teknik celup dingin. walaaaahh, apa lagi itu... ah! temen aku juga ada yang berhasil make wantex (kali) jadi aku putusin buat bikin ulang dengan cara yang sama di kain yang sama.

hari keempat bikin batik:
kali ini papah aku campur tangan atas pembuatan batik hari ini. aku udah nge-canting ulang polanya, tinggal mewarnai (lagi) batiknya. kata papah aku harus nunggu sampai airnya anget.. eh, malah kelamaan airnya jadi dingin, sial...
tapi papah aku punya ide lain, kainnya di celup sebentar lalu di jemur. terus celupin lagi, lalu di jemur lagi. karena harinya udah malam, jadi... kita liat hasilnya besok pagi okey ;)

moral: sekarang (setidaknya) aku sadar.. kanapa batik itu sangatlah mahal, karena bikinnya repot dan harus sabar & teliti membuatnya, dan juga punya resiko besar sekali.
"cintailah produk dalam negeri!"

No comments:

Post a Comment