Thursday 11 November 2010

menuju Indonesia's Green Canyon! woow!

Berikut, adalah cerita liburan aku waktu ke Green Canyon (letaknya setengah jam dari Pangandaran) tanggal 2 Juli 2010
aku baru nemuin cerita ini tadi pagi waktu aku buka-buka leptop. jadi.. udah agak lama juga seharusnya ini udah di posting tapi aku LUPA.
jadi, selamat menikmati :)

2 Juli 2010:

Untuk mengahabisi minggu pertengahan liburan, aku & satu keluarga besar berencana untuk liburan ke GREEN CANYON. Bukan Green Canyon yang ada di luar negeri. tapi, green canyon yang satu ini letaknya di deket PANGANDARAN. Mungkin satengah jam perjalanan dari Pangandaran, tapi 6 jam perjalanan dari Bandung.

Aku sama keluarga berangkat duluan dari sepupu-sepupu aku yang lainnya. Tujuannya untuk nge-buking (booking, bukking, apalah itu) hotel sama biar main-main dulu sama keluarga kecil. Jam 6 kita dari rumah terus berangkat dulu ke rumah sepupu aku buat nitip si Acong (pembantu aku yang pernah aku certain di SINI) sedikit cerita tentang Acong tadi pagi dia heboh banget, aku, mamah, kaka, papah pake baju yang santai. Lah ini si Acong heboh pake baju warna ungu, topi china punya Michael Jackson, pake tas yang banyak gantungan kunci ga jelasnya, berjalan sambil geal-geol dan melambai melambai ala ‘miss Indonesia’ ke semua tetanga. Ampun.


Tujuan nitipin Acong ke sepupu biar mobil nggak sempit. aku sama kaka butuh tempat setidaknya satu setengah lebih besar dari badan, nah udah kebayang kan? kenapa? Gampang, satu tradisi turun temurun kalau di perjalanan jauh pasti tidur; kayak kebo, kuda, kodok, susah bangunnya.


Setelah kita semua nitipin si Acong ke ruma sodara, aku sama keluarga langsung berangkat ke Pangandaran. Seperti biasa perjalanan cuman ngeliatin rumah sawah rumah sawah. tapi yang bikin beda itu adanya motor-motor MOGE yang lagi konfoi, sama kaka Rere yang bawa joke garing (sebenernya lucu, tapi kalo di bilang kaya gitu nanti dia ge-er), atau nggak bawa kebiasaan buruknya yaitu SOTOY! Contoh salah satu ke-Sotoy-an kaka Rere:

Ganis:” pah, bawa mobilnya pelan-pelan jangan zik zak kayak yang di cirebon

Mamah:” tuh anaknya udah kompalin, nanti papah ikut kursus ‘menyetir mobil yang enak’ (emangnya ada ya?)”

Papah: *diem*

Kaka:” papah ngebut biar cepet sampe, kalau jalannya letoy kayak mamah nyampenya besok nis

Ganis:” tapi, aku eneuk (mual) “

Kaka:” udah jangan lebay!” *langsung lanjutin ngebaca buku*


nggak lama kemudian papah ngebut terus ngelewatin mobil sama motor yang jaraknya berdekatan. Zik-zak, mulut mobil udah hampir nyerempet pantat motor. Kaka yang lagi baca kaget soalnya ngerasa mobil udah nyamping kiri, nyamping kanan, ngerem tiba tiba, terus di depan mobil terdapat motor yang hampir ditabrak. Responnya kaka gini:

(tolong di baca dengan suara bass ditahan, dengan ekspresi kaget yang di paksa)

“ astagFIRULOH! AWAS PAH MOTOR!”

Aku sama mamah cuman bisa ketawa.

Mamah:” tuh ngebutnya papah”

Ganis:” nah, gimana kak? Mau merubah opini kaka yang tadi?”

Kaka:” kalau sekali kali ga apa-apa”

Oalah, hahaha…


Setelah kejadian yang tadi semua diem, sibuk sama urusan masing-masing. Kaka ngelanjutin baca buku, aku dengerin musik, mamah main Facebook di BB China, papah nyetir sambil berusaha buat ‘nyetir enak’

Nggak lama kemudian (kayaknya lama, tapi akunya tidur jadinya nggak tau) kita singgah di rumah makan. aku makan sedikit aja, soalnya tau bakalan terjadi ‘pelampiasan’ di malam harinya. Aku cuman makan nasi bebek, udah (sedikit tips untuk yang mau melampiaskan napsunya pada makan malam). Setelah kita selesai makan, pas banget ketemu sama MOGE yang tadi ketemu di jalan. Tapi jumlahnya nggak sebanyak yang tadi, ini mungkin ga nyampe setengahnya. Terlihat sepertinya mereka mau makan (iyalah mau ngapaian lagi coba?) nggak lama kemudian mamah dengan ide ekstrimnya bilang gini “de, poto bareng motor gih (lah?)” aku kaget, eh tapi ternyata mas-mas yang punya motor gede-nya baik kok, akhirnya aku poto bareng MOGE.


Singkat-nya setelah nyampe ke Pangandaran, ternyata para MOGE-MOGE ada acara di sini. Sayangnya ada satu halangan lagi yang ga enak. Yaitu nyari hotel yang udah di pesen. Penginapannya hotelnya terkesan ‘berantakan’, jadi kalau mau nyari hotel yang udah di buking susah. Hotelnya ada yang di depan banget pantai Pangandaran, ada juga yang terpelosok banget jauh dari peradaban.

Sebenernya aku udah pernah ke Pengandaran (kalo ga salah) tapi waktu itu aku masih kecil banget jadinya nggak ada satupun memori yang bisa aku inget hm… -.-

Jadi, bisa di bilang kesan pertama aku kepada Pangandaran itu adalah: awalnya masuk aku agak bingung sama tempatnya yang posisi penginapan sama perumahan penduduk yang bentuknya hampir sama, kesannya berantakan. Tapi setelah aku perhatiin jalannya BERSIH dari sampah-sampah, nggak kayak yang aku liat di tipi kemarin tentang Pengandaran.


Sorenya baru aku ke pantai, kalau ditanya ngapain aja siangnya; sebenernya kita coba buat masang simulator game PS di leptop tapi hasilnya nihil jadi ujunganya tidur. Berhubung gelap dan mulai nggak ada orang di sana jadi, di pantai aku sama kaka cuman basahin kaki doang, nggak main. Abis itu kita nyari tempat buat makan.

Seperti tadi siang kita agak muter-muter nyari tempat makannya, sambil muter-muter kita cerita tentang liburan kaka kemarin ke Pangandaran. Kata kaka waktu itu kaka sama temen-temennya makan di tempat yang lebih terpelosok lagi dari sini, dan juga suasananya sepi. Tiba-tiba kaka dan teman-teman liat sesosok makhluk besar yang banyak! Ternyata itu RUSA, Katanya rusanya nyari-nyari makan di jalan.

Sampai akhirnya nyampe juga di tempat makan seafood kiloan. di sini kalau mau makan harus di timbang dulu, biasanya satu kilo satu kilo. Misalnya mau makan udang, udangnya harus beli satu kilo (minimal setengah kilo) nggak bisa 2 ekor udang doang. Begitu juga yang lainnya.


Karena mesennya kiloan, aku sekeluarga jadi makan keterlaluan. Ngerasa kenyang banget nggak kuat. Tips lagi buat kalian yang ingin kuliner di sini, di usahakan jangan ambil nasi banyak banyak. Banyakin aja ngambil lauknya yang enak dan banyak ;)

Nah, setelah itu paling enak pulang ke hotel. aku liat sekeliling jalan banyak banget kios kios kecil dengan papan bertulis “TATO TEMPORARY” kalo nggak salah. Kios itu buat masang tato di tubuh tapi sifannya nggak permanent ada yang cuman buat 3 minggu mungkin ada juga yang lebih dari 3 minggu. Tapi yang bikin aku kaget banget yaitu adanya RUSA yang di depan mobil, tapi agak jauh. Pas di deketin ternyata rusa itu lagi ngubek-ngubek sampah. Dalem hati iba, nggak elit rusa se-gagah itu malah makan sisa manusia. Padahal di cagar alamnya masih banyak daun daun yang bisa di makan, enak bergizi dari pada sampah manusia…


Dan sekarang aku lagi tegang. aku, kaka, papah di kasih tantangan untuk nebak siapa yang bakalan menang di pertandingan bola BELANDA VS BRASIL. Aku megang Brasil dengan skor 1:0. hoho lumayan kalau menang dapet hadiah ^.^

Wish me luck guys! Happy enjoying your holiday J


Baca hari selanjutnya di SINI

No comments:

Post a Comment