Saturday 30 January 2010

mata lembu dan pameumpeuk

hari ini adalah hari minggu yang paling membosankan sepanjang tahun 2010 (so far). yep, aku ngga ngapa-ngapain, nggak kemana-mana, satu satunya hiburan hanya ngocok-ngocok digivice.
lama lama ngocok ngocok digivice juga jadi membosankan, apalagi ngga nongol musuh sekalipun... argths! pada akhirnya aku menyerah dan nonton tivi.
aku nonton orang makan sambel. liat orang kepedesan rasanya lucu banget, mangap mangap, air mata berlinang, ampe tangan juga ikut di goyang goyang. tapi tetep 'keukeuh' pingin makan ampe abis, coal coel smbel ke sana ke mari, dari sambel yang ijo, ampe yang merah darah, pentesan aja kepedesan. ada ada aja.. lagi enak enaknya ketawa ngakak liat orang kepedesan taunya iklan, sial!.
setelah comersial break yang itu itu aja, akhirnya acaranya dimulai lagi. tapi ternyata acara makan sambelnya udah abis, yah... sekarang orang yang tadi makan sambel pergi ke pamempeuk buat makan mata lembu.

aku jadi inget, waktu itu lagi liburan akhir semester 2 SD kelas 6 (kalo nggak salah). keluarga punya ide buat ke satu tempat baru dimana masih belum ada banyak pengunjung atau turis dateng, maklum kan ini liburan pasti ke mana mana macet, ke BSM aja lama nyari parkir, padahal BSM cuman gitu gitu aja. akhirnya papah beli peta pulau jawa, jawa barat, sama bandung, buat nyari tempat liburan yang 'baru'. setelah liat liat peta ke sana le mari. nggak lama kemudian udah ada rencana ide buat ke pantai pameumpeuk, di garut.

perjalanan kalo nggak salah nyampe 4 jam lebih, maklum tempat ini kan masih terpencil, otomatis masih belum ada jalan pintas ke sana, itu juga berarti sekeluarga harus tahan muter muter naik turun gunung. setelah akhirnya nyampe ke kecamatan pamempeuk, ternyata di sana bener bener sunyi (!), jalan menuju pantainya juga masih berupa tanah, tapi jangan salah. pas tiba di pantainya semuanya terbayar lunas! rasa sakit di pantat ilang, rasa pengen pipis juga. pantainya bener bener masih bersih dan nggak ada orang selain para penduduk, itu berarti kita bebas kemana mana! woo-hoo! serasa punya patai pribadi.
hal pertama yang bikin aku nggak nyaman adalah penginapannya, oke aku akui kalau aku paling nggak bisa tidur di tempat yang asing. penginapannya masih sederhana (dan satu satunya di sana) susunan kamarnya kaya kost-an di dalem kamarnya ada satu kamar mandi yang luas, sayangnya penginapan ini agak kotor, nutup hordeng aja sampe ada debu yang keluar keluar, bukan debu kecil kecil yang nggak keliatan, tapi debunya bener bener ngegumpal item.. hoek... akhirnya aku lebih milih tidur di sebelah kamar mandi dari pada di bawah jendela.

besoknya kaka sama aku langsung meluncur ke pantainya, ternyata pantai di sini banyaknya karang, pasirnya sedikit, yep.. ternyata pantai yang ada pasirnya ada di sebelah pantai yang banyak karangnya. agak garing juga di sini, abis cape jalan jalan ke sana ke mari, ternyata mbak aku nemu ikan yang kedampar, langsung itu berebut buat nangkep ikan. setelah ke tangkep eh, taunya ada satu lagi! akhirnya nangkep lagi satu. ikannya nggak terlalu besar, jadi akhirnya kita sepakat buat masukin 2 ikan itu ke botol air mineral, dan ternyata muat!
jalan jauh rasanya cape banget (padahal hanya muter muter). akhirnya kita singgah ke satu warung yang nggak jauh dari penginapan, kita kasihin ikan yang kita tanggkep, tapi kata ibu yang masak ikannya teraru kecil buat di goreng, jadinya kita mesen ikan yang sama. dan ternyata memang ikan yang kita tangkep jauh beda dibanding yang kita pesen. kalian tau berapa harga satu ikan di sana? RP.1000,00!
malemnya nggak bisa tidur gara gara hawa di sana panas sumpah! dan apes-nya lagi penginapannya mati lampu! oh god!...

setelah tersiksa semalaman, kita berangkat lagi ke pantai, uniknya kita nemu binatang binatang yang aneh nyasar ke pantai, misalnya binatang yang mirip kaya siput tapi nggak punya cangkang (kayaknya siput laut) warnanya kuning, lucu, sampai kaka rere namain binatang itu jimi. terus kita nemuin juga bintang laut (menurut aku itu aneh soalnya baru pertama kali liat bianatang itu). ikan ikan kecil yang nyasar, dan ombak yang besar banget. di perjalanan pulang aku liat ada kotak besar isinya kayak siput sawah cuman lebih besar, kata nelayan yang nangkep itu namnay mata lembu, yep... jadi mata lembu itu adalah sejenis binatang laut :) kata si nelayannya juga itu bisa di makan. wah, jadi penasaran rasanya gimana. akhirnya kita minta beberapa buat dimasak, setelah di coba ternyata rasanya enak! bener bener ingetin aku sama makan kerang ijo... hm... :9 apalagi di coel sama saos sambel, jangan pernah nanya aku makan berapa.
karena jadi makanan favorite keluarga, akhirnya sisa liburan di pameumpeuk menu utamanya adalah mata lembu dan saos sambel :)

akhirnya kita harus pulang ke bandung, ternyata selain keluarga aku, ada juga keluarga yang lain yang nginep di sana, anehnya aku nggak pernah ketemu mereka di pantai. akhirnya keluarga aku dan keluarga lain sepakat buat pulang bareng karena di sana jalur pulang cuman satu, perjalanan yang seharunya kurang dari 6 jam malah jadi 9 jam! karena ada bis nyungsep di gunung, sial! mana jalan yang dilewatin itu offroad banget lagi!
tapi it's okay.. liburan ke pameumpeuk adalah liburan yang paling menyenangkan :) apa lagi mata lembunya yang enak banget. i miss you pameumpeuk..

No comments:

Post a Comment