Tuesday 12 January 2010

tata krama makan dan minum

barusan di kelas belajar PAI (pendidikan agama islam). untuk sememster yang ke 2 ini, kelas 8.a bakalan belajar tata krama makan dan minum (?), dan hewan hewan yang boleh, dan tidak boleh di makan.tapi untuk semester 2.1 anak anak 8.a diajarin cara makan yang baik dan benar sesuai dengan ajaran islam.

nah! kebetulan hari ini di jelasin tentang cara makan rasul pada jaman dahulu kala, dan beberapa ilmu (yang sejauh ini masih aku ingat) adalah:

point satu: CARA MAKAN YANG SEHAT
jadi, dikisahkan rasul dulu cara makanya make tangan, kalo secara logis si.. bisa dibilang dulu sendok pasti masih jarang yang make. tapi ternyata, setelah dilakukan penelitian (katanya) ternyata di ujung ujung jari kita terdapat enzim untuk menghancurkan makanan. jadi sebelum makanan kita masuk ke mulut, makanan udah di ancurin duluan oleh enzim yang ada di jemari kita..

point dua: posisi duduk saat makan
nah, di ceritain juga kalau kita makan, (dianjurkan)posisi duduk yang sehat juga adalah duduk ala' WARTEG STLYE... ( makan dengan satu kaki di naikin ke atas sambil makan dengan lahap dan ganasnya)
katanya ni, makan ala warteg stlye bikin perut jadi tertahan (terjepit, terhimpit ato apalah namanya). nah! karena terjepit ini lah kita bakalan cepet kenyang, yang artinya kita makan ga terlalu banyak. yang artinya juga kita makan secukupnya! yang hebatnya lagi, pas kita udahan makan. kita ga akan ngerasa kenyang, tapi juga ga ngerasa laper. jadi intinya pas.. banget (baik kan buat kesehatan?)

satelah kedua point di atas di terangkan. anak anak 8.a (khususnya anak cowo) waktu istirahat langsung pada beli jajanan terus makan ala warteg, pake tangan.. sumpah! kocak!


anak cowo langsung ngepraktekin gaya makna ala' warteg

tapi inget yah.. kedua point-nya itu SUNAH! bukan wajib.. tapi yah, untuk kesehatan..

No comments:

Post a Comment